Ad (728x90)

Rabu, 01 Agustus 2012

Filled Under:

Mengukur Potensi e-business perusahaan

news
Mau tau gak neh cara mengukur potensi perusahaan?Internet merupakan dunia lain yang ada di cybespace. Jika kita tarik perbandingan dari sana, dan kita misalkan sebagai sebuah komunitas, maka bisa kita katakana bahwa internet seperti Jakarta yang terdiri dari berbagai komunitas, olahraga (senayan), bisnis (pusat-pusat bisnis dan niaga), hiburan, komunitas sosial, dsb. Dari berbagai aktifitas tersebut, terlihat semua orang hiruk pikuk bekerja untuk mendapatkan sebuah nilai yang disebut profit. Namun apakah mereka semua memiliki tujuan dan arah yang jelas yang akan mereka capai..?
Pertama, Model Bisnis Perusahaan Anda
Bisnis Anda harus mempunyai sifat yang istimewa dalam hal ini berarti ada kemungkina telah banyak dilakukan oleh perusahaan lain, namun ada hal tertentu yang tidak bisa dilakukan oleh perusahaan lain, sehingga dapat mempercepat perkembangan bisnis perusahaan Anda menuju ke tingkat kondisi yang ideal yang diharapkan dan dapat dimengerti oleh pasar (calon customer Anda)
Kedua, Produk dan Servis Yang Anda Tawarkan.
Posisi bisnis perusahaan Anda adalah posisi yang istimewa di lingkungan pemasaran dan di dalam pemikiran konsumen. Hal ini yang akan menjadikan bisnis perusahaan Anda bisa bertahan dari pada perusahaan lainya. Salah satu cara untuk bisa membuat bisnis perusahaan Anda bisa bertahan adalah dengan cara menawarkan sebuah produk atau jasa yang istimewa, mungkin bisa dipenuhi oleh perusahaan lain namun ada hal tertentu yang tidak bisa dipenuhi oleh perusahaan lain atau bahkan mungkin produk dan jasa yang Anda tawarkan memiliki keunggulan yang mutlak yaitu tidak mungkin diberikan oleh perusahaan lain, namun perlu diingat bahwa keistimewaan produk atau jasa yang Anda tawarkan merupakan hal yang sulit untuk dilakukan oleh tempat pemasaran yang umum seperti di internet. Jadi tentukan dengan cermat dan pikirkan dengan seksama, sebagai contoh jika perusahaan Anda ingin memulai dengan menawarkan produk batik, maka berfikirlah bahwa ada banyak perusahaan yang menawarkan produk yang sama di internet. Dari sini Anda akan bisa menetukan apa yang harus dilakukan agar produk perusahaan Anda bisa sukses dan survive lebih dari yang dialami oleh perusahaan lain dengan produk yang sama.
Ketika berfikir masalah produk dan jasa perusahaan Anda, jangan sekali Anda berfikir bahwa memulai bisnis di internet membuat bisnis perusahaan Anda menjadi istimewa. Karena e-business tidak merubah produk Anda, hanya memindahkan / mengembangkan pemasaran secara off line ke online di internet. Disamping itu ada banyak perusahaan lain yang melakukan hal yang sama Anda lakukan, sekalipun perusahaan Anda yang pertama melakukan bisnis secara online.
Ketiga, Jangan Merasa Kecil Melihat Persaingan.
Persaingan berarti anda bukanlah satu-satunya orang yang bisa memanfaatkan sebuah kesempatan untuk maju - Namun Anda juga harus yakin bahwa Anda berada pada posisi yang lebih menguntungkan. Salah satu kunci kesuksesan dalam persaingan di internet adalah dengan adanya strategi website yang baik; meliputi development, penempatan dan web marketing. Mengapa menjadi sebuah kata kunci "sukses" karena dengan strategi ini berarti Anda telah bisa menggunakan pemikiran dan khayalan Anda untuk dapat membuat usahanya berhasil dengan baik. Hal lain yang harus Anda lakukan adalah dengan tetap senantiasa mencari dan menjaga celah-celah lahan yang mungkin dapat memperluas jangkauan bisnis Anda di internet. Jadi perhatikan kondisi persaingan yang ada dan tentukan saat yang tepat bagi Anda untuk memulai bisnis di internet.
Keempat, Bagaimana Kondisi Perusahaan Anda Saat Ini.
Bagiamana kondisi objektif perusahaan Anda, apakah tetap memiliki prospek yang cerah, apakah telah mencapai kesuksesan, mengapa perusahaan Anda menjadi sukses, dan bagimana Anda dapat mempertahankan kesuksesan..? Bagimana kualitas produk atau jasa yang Anda tawarkan, apakah telah membuat pelanggan dan partner bisnis Anda merasa puas. Bandingkan dengan yang telah kompetitor Anda lakukan terhadap pelanggan dan partner bisnis mereka. Sehingga Anda akan mengetahui perbedaan yang bisa menjadi salah satu dasar bagi Anda untuk memutuskan terjun ke internet.
Kelima, Pelajari Kondisi Pelanggan dan Partner Bisnis Anda.
Perkembangan perusahaan Anda dibagun dari pelanggan dan pertner bisnis Anda. Keduanya adalah komponen lingkungan yang sangat menentukan bagi hidup matinya perusahaan Anda. Pikirkan apakah mereka yang selama ini bekerja secara "off line" akan bekerja lebih senang untuk anda secara "online" juga. Lakukan kalkulasinya, dan pikirkan berapa lama waktu yang diperlukan bagi Anda untuk penetrasi system online yang akan Anda kembangkan. Juga bagaimana langkah yang dilakukan kepada calon pelanggan Anda

Antonius Jefry

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 

We are featured contributor on entrepreneurship for many trusted business sites:

  • Copyright © JSC BOJONEGORO™ is a registered trademark.
    Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.